Visi, Misi dan Tujuan

VISI

Pada tahun 2043, Program Studi PPG FKIP UPY menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan ADAPTIF. (Agamis, Differentiated, Presistance, dan Inovatif) untuk menghasilkan guru professional.
  • Adaptif : mudah menyesuaikan diri dengan keadaan
  • Agamis : menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  • Differentiated : memperhatikan perbedaan peserta didik
  • Presistance : memiliki daya juang yang/gigih, sabar dan telaten
  • Inovatif : pembaharu/berkreasi sesuatu yang baru

Misi

  1. Menyelenggarakan tata kelola yang yang ADAPTIF. (Agamis, Differentiated, Presistance, dan Inovatif).
  2. Menyelenggarakan pendidikan profesi kependidikan berkualitas yang berpusat pada mahasiswa dan berbasis Tekhnologi Informasi dan Komunikasi untuk menghasilkan guru yang profesional dan yang ADAPTIF (Agamis, Differentiated, Presistance, dan Inovatif).
  3. Menyelenggarakan dan melakukan publikasi ilmiah kegiatan penelitian yang kolaboratif dan yang ADAPTIF (Agamis, Differentiated, Presistance, dan Inovatif).
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang kolaboratif dan yang ADAPTIF (Agamis, Differentiated, Presistance, dan Inovatif).

Tujuan

  1. Terwujudnya program studi kependidikan professional yang unggul dengan terciptanya hubungan dan lingkungan kerja yang ADAPTIF (Agamis, Differentiated, Presistance, dan Inovatif).
  2. Terwujudnya guru profesional yang ADAPTIF. (Agamis, Differentiated, Presistance, dan Inovatif).
  3. Terwujudnya karya ilmiah yang kolaboratif, kreatif dan yang ADAPTIF. (Agamis, Differentiated, Presistance, dan Inovatif) serta dapat mengembangkan teori pendidikan dan pembelajaran secara profesional.
  4. Terwujudnya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan dasar dan menengah serta kesejahteraan masyarakat, bangsa, negara, dan umat manusia.

Strategi Program Studi PPG FKIP UPY​

Tujuan

Strategi

Indikator

Baseline (2022)

Tahun pencapaian

2023

2024

2025

2026

2027

Terwujudnya program studi kependidikan profesional yang unggul dengan hubungan dan lingkungan kerja yang ADAPTIF

Mengembangkan Kurikulum Inovatif yang mencerminkan kebutuhan terkini dalam dunia pendidikan dan mengintegrasikan teknologi terbaru untuk menciptakan lulusan yang adaptif dan kompeten.

Jumlah kurikulum yang sudah ditinjau oleh stakeholder dan disahkan pimpinan

0

1

1

1

1

1

Persentase Jumlah RPS yang dikembangkan dosen

0

3

8

9

10

11

Persentase Jumlah bahan ajar yang dikembangkan dosen

0

3

8

9

10

11

Persentase Jumlah e-modul yang dikembangkan dosen

0

0

5

6

7

8

Menyelenggarakan pelatihan berkala bagi dosen dan tendik untuk meningkatkan keterampilan mengajar dan pemahaman mereka terhadap teknologi pendidikan serta metode pembelajaran terkini.

Jumlah pelatihan Untuk Dosen PPG

2

3

4

5

6

7

Jumlah Pelatihan Untuk Tendik PPG

1

2

3

4

5

6

Mengembangkan SDM PPG Yang Kompeten dan Kualified

Jumlah Pengelola PPG (minimal Lektor dan memiliki serdik)

0

5

6

6

7

7

Jumlah dosen PPG (minimal Lektor dan memiliki serdik)

0

34

36

37

38

40

Persentase admin PPG bergelar S-1

0

100

100

100

100

100

Jumlah Guru Pamong PPG (akumulasi)

0

27

36

40

45

50

Jumlah Instruktur (akumulasi)

0

0

6

10

13

15

Membentuk ruang belajar yang fleksibel dan didukung oleh teknologi, memungkinkan pembelajaran yang personalisasi dan interaktif bagi mahasiswa.

Jumlah judul buku PPG (ekspemplar)(akumulasi)

0

20

60

80

100

120

Jumlah buku PPG (ekspemplar)

0

60

580

660

700

740

Jumlah Ruang Lab Pembelajaran Mikro (akumulasi)

2

2

4

4

5

5

Terwujudnya guru profesional yang ADAPTIF

Menjalin hubungan kerjasama dengan komunitas pendidikan, lembaga pelatihan untuk memperkaya pengalaman dan wawasan mahasiswa.

Jumlah Pelatihan Untuk Guru Pamong PPG

1

2

3

4

5

6

Jumpah Pengembangan Kompetensi Mahasiswa PPG

1

2

3

4

5

6

Jumlah prestasi mahasiswa

1

3

6

8

10

12

Persentase Kelulusan mahasiswa PPG

0

98

98

99

99

99

Persentase mhs PPH yang memiliki IPK mahasiswa (3,50 – 4,00)

0

97

98

98

98

99

Menerapkan sistem penilaian holistik yang tidak hanya mengukur hasil belajar siswa, tetapi juga proses pembelajaran dan inovasi yang dilakukan oleh mahasiswa

Jumlah mata kuliah yang menerapkan sistem penilaian holistik

2

5

7

10

11

12

Mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran untuk menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan interaktif, serta membekali mahasiswa dengan keterampilan digital yang diperlukan.

Jumlah mata kuliah Mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran untuk menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan interaktif, serta membekali mahasiswa dengan keterampilan digital

2

5

7

10

11

12

Terwujudnya karya ilmiah yang kolaboratif, kreatif dan yang ADAPTIF. (Agamis, Differentiated, Presistance, dan Inovatif) serta dapat mengembangkan teori pendidikan dan pembelajaran secara profesional

Membangun kemitraan strategis dengan lembaga penelitian lain dan universitas untuk mengembangkan karya ilmiah secara kolaboratif.

Jumlah Kerjasama Penelitian (Dalam Negeri)

2

 

4

5

6

7

7

Jumlah Kerjasama Penelitian (Internasional)

0

1

2

3

4

5

Mendorong penelitian yang berfokus pada kebutuhan spesifik peserta didik dengan berbagai latar belakang dan kemampuan untuk menciptakan solusi pendidikan yang lebih inklusif (PTK)

Jumlah rata-rata penelitian kolaborasi mitra dalam negeri yang melibatkan mahasiswa PPG

2

5

7

12

14

16

Jumlah rata-rata penelitian kolaborasi mitra luar negeri negeri yang melibatkan mahasiswa PPG

0

1

2

3

4

5

Terwujudnya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan dasar dan menengah serta kesejahteraan masyarakat, bangsa, negara, dan umat manusia

Menjalin kerjasama dengan komunitas lokal untuk melaksanakan berbagai kegiatan pengabdian yang relevan dengan kebutuhan pendidikan

Jumlah kekrjasama PKM (Dalam Negeri)

0

2

5

7

10

11

Jumlah Kerjasama PKM (Internasional)

0

1

1

2

3

4

Mengintegrasikan kegiatan pengabdian masyarakat ke dalam kurikulum PPG sehingga mahasiswa dapat menerapkan teori yang dipelajari langsung dalam masyarakat.

Jumlah mata kuliah PPG Yang Terintegrasi PKM

2

5

7

10

11

12

 

Jumlah Pengabdian Masyarakat kolaborasi dosen dan mhs serta Mitra Pengabdian (Komunitas Belajar)

0

1

2

6

12

16

 

 

Jumlah Publikasi PKM hasil kolaborasi dosen dan mhs serta Mitra Pengabdian (Komunitas Belajar) minimal Sinta 4

0

0

1

2

4

6